SEKDA KLATEN DAN RELAWAN EDUKASI MASYARAKAT AGAR PAKAI MASKER

28 May 2020
KLATEN– Sekda Klaten Jaka Sawaldi bersama sejumlah relawan Gugus Tugas PP Covid-19 Klaten secara langsung melakukan edukasi dan pembagian masker kepada masyarakat, Sabtu pagi (23/5/20). Edukasi dan pembagian masker dilakukan di berbagai lokasi, salah satunya Pasar Delanggu. Selain itu, turut serta dilakukan penyemprotan desinfektan. Sekda Klaten nampak turun ke jalan menyampaikan himbauan kepada salah seorang pengguna jalan yang belum memakai masker. “Tolong maskernya dipakai ya apalagi kalau aktivitas diluar, mari bersama-sama cegah penularan virus corona” pesan Sekda Klaten sembari memberikan masker kepada seorang warga.

Sekda Jaka Sawaldi menghimbau masyarakat tersebut terkait pentingnya mencegah penularan virus, salah satunya dengan cara menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah. Sekda pun turut memberikan masker dan langsung dipakai oleh warga tersebut. Kegiatan edukasi dan pembagian masker berlangsung tanpa menimbulkan kerumunan dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Kegiatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten tersebut turut digawangi oleh PMI Klaten, BPBD Klaten, Dishub Klaten, Satpol PP, Orari, PDAM, dan Ubaloka.

Dari pengamatan di lapangan, terlihat masih ada segelintir masyarakat yang belum mengenakan masker. Sesuai dengan himbauan pemerintah, masyarakat wajib memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah. Selain giat penggunaan masker, turut dilakukan penyemprotan desinfektan secara berkala pada sejumlah titik strategis di Kabupaten Klaten. Seperti halnya Alun – Alun Klaten, Taman Lampion, Hutan Gergunung, dan Monumen Juang. Masyarakat yang berbelanja di pertokoan dan pasar juga diwajibkan untuk memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan. Termasuk bagi pengelola agar menyediakan sarana untuk pencegahan penularan Covid-19. Sehingga sehari sebelumnya pada Jumat (22/5) Pemkab Klaten telah melakukan sidak ke sejumlah pertokoan terkait penerapan protokol. Harapannya agar semua pihak turut aktif berperan dalam pencegahan virus Covid-19 ini.

Penulis Diskominfo Klaten