SUDAH 259 DESA DI KLATEN SALURKAN BLT DANA DESA TAHAP SATU

28 May 2020

KLATEN- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap pertama sudah dilakukan di berbagai desa di Kabupaten Klaten. Berdasarkan data yang dihimpun per Sabtu (23/5) sudah ada 259 dari 391 Desa di Kabupaten Klaten yang sudah menyalurkan BLT  dana desa pada masyarakat. Bagi desa yang belum menyalurkan, diminta untuk segera menyalurkan BLT kepada masyarakat.

Data tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Klaten Joko Purwanto dalam rakor yang digelar Selasa pagi(26/5/20) di Pendopo Pemkab Klaten.

“Ada sisanya 132 desa yang belum salurkan, ini  mulai hari ini maupun besok dan beberapa hari kedepan akan disalurkan” ungkap Joko Purwanto

Kendala yang dihadapi oleh pihak desa, imbuh Joko, adalah masih melakukan sinkronisasi data dengan penerima bantuan dari pusat maupun provinsi. Sehingga masih ada desa yang belum sepenuhnya menyalurkan.

Dirinya menambahkan bahwa di Kabupaten Klaten ada 10 kecamatan yang sudah 100% penyaluran BLT DD tahap pertama. Dari 259 desa yang sudah menyalurkan, jumlah sasarannya adalah 30.378 kepala keluarga, dan menyerap dana sekitar 18,2 miliar rupiah.

Menangapi laporan tersebut, Bupati Sri Mulyani menginstruksikan agar Dispermasdes memantau serta mendampingi pihak desa apabila terdapat kendala di lapangan.

“Ada 259 desa yang sudah menyalurkan, sisanya dipantau terus Pak Joko ada kendalanya apa, dibantu masalah yang ada, sering lakukan koordinasi dan jangan lupa dilaporkan ke pemerintah pusat juga” pesan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Penulis : Tim Liputan Diskominfo Klaten